Bagi seseorang yang akan melamar pekerjaan tentu harus menghadapi berbagai seleksi. Salah satu seleksi yang banyak dilakukan oleh perusahaan yaitu tes tertulis. Biasanya jenis ter tertulis yang dilakukan ada dua macam yaitu psikotes dan juga tes potensi akademik. Kedua tes ini memiliki tujuan yang berbeda. Psikotes dilakukan untuk mengetahui kepribadian atau karakter seseorang.

Sedangkan tes potensi akademik dilakukan untuk mengetahui tingkat kecerdasan seseorang. Kedua tes tersebut dilakukan tujuannya mengetahui apakah hasil yang diperoleh sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan atau tidak. Meskipun tes tulis ini bukanlah satu-satunya tes yang dilakukan, namun tidak bisa dipungkiri jika tes ini terbilang memiliki peran yang penting. Dibandingkan dengan seleksi yang lain seperti seleksi administatif dan juga wawancara, seleksi tes tulis ini memerlukan berbagai persiapan yang harus benar-benar dilakukan dengan matang. Karena Anda harus bergelut untuk menjawab semua soal yang diberikan. Meskipun soal tes tulis yang diberikan bukan kategori yang sulit tetapi sangat membutuhkan ketelitian, ketenangan dan fokus dalam mengerjakan. Karena Anda harus bisa menjawab semua soal dengan batasan waktu yang diberikan. Jika tidak menerapkan ketiga hal tersebut bisa saja membuat Anda gagal dalam seleksi tes.

Trik Jitu Melakukan Persiapan Menghadapi Tes Tertulis

Para fresh graduate atau sarjana yang baru saja lulus juga merasakan kebingungan pada saat akan melamar pekerjaan. Selain itu jenis tes apa saja yang diberikan juga belum mengetahui dan belum ada gambaran. Apalagi untuk tes tulisnya yang seringkali menjadi beban diantara jenis tes yang lain. Bagi Anda yang akan menghadapi tes tulis untuk masuk kerja  berikut ini beberapa trik yang bisa dilakukan. 1) Melakukan banyak latihan dengan beragam bentuk soal, pemetaan tes dalam beberapa bidang. Hal ini bertujuan untuk memantapkan pemahaman dan rasa percaya diri. Karena jika percaya diri bisa membuat perasaan akan lebih tenang sehingga mempermudah dalam mengerjakan soal. 2) Menambah berbagai pengetahuan yang bersifat umum. Hal ini bisa Anda peroleh melalui berbagai media seperti koran, televisi, internet, majalah, tabloid, buku dan yang lainnya. Tujuan dari melakukan hal ini yaitu untuk menambah wawasan dan juga melatih kepekaan, sehingga nanti bisa berpengaruh pada saat mengerjakan tes tulis yang diberikan. 3) Menjaga kesehatan dan juga kebugaran tubuh. Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan olahraga.

Selain itu, menjaga pikiran agar tetap positif juga hal yang tidak kalah penting. Karena jika Anda menghadapi tes tulis namun kondisi fisik dan psikis kurang baik tentu akan sangat berpengaruh pada hasil tes yang nantunya diperoleh. Hal ini tentu berbeda jika Anda menghadapi dengan kondisi yang fresh pasti akan lebih bisa mengerjakan dengan tepat. 4) Mempersiapkan segala peralatan atau alat tulis yang dibutuhkan pada saat tes tulis. Mungkin sebagian orang menganggap hal ini tidak terlalu penting, namun anggapan tersebut jelas salah. Karena jika ada alat tulis yang kurang satu saja bisa membuang waktu yang bisa dilakukan untuk mengerjakan soal, karena harus mondar-mandir mencari alat tulis yang dibutuhkan tersebut. Jangan sampai segala bentuk persiapan untuk bisa mengerjakan soal berantakan begitu saja hanya karena kurangnya persiapan dalam urusan alat tulis.

Persiapan menjadi hal yang sangat penting dilakukan dengan matang apalagi menjelang urusan penting untuk bisa diterima kerja. Pastikan Anda tidak meremehkan begitu saja, karena ini akan sangay menentukan sekali bagi masa depan Anda. Beberapa trik diatas bisa Anda lakukan agar berhasil dalam tes tulis.