Selamat! Anda sudah berhasil merampungkan studi dan mendapatkan gelar baru. Perjuangan merampungkan skripsi memang berat. Akan tetapi, dunia nyata di depan mata tentu semakin berat lagi. Wisuda menjadi tahap di mana Anda sudah berhasil melampaui satu kelas dalam kehidupan. Kelas selanjutnya tentu akan semakin berat. Anda harus punya persiapan yang matang untuk menjalani kehidupan selanjutnya. Dunia pekerjaan bukanlah dunia yang mudah ditaklukkan. Anda harus bersaing dengan para sarjana lain untuk mendapatkan pekerjaan.

Supaya karier Anda lebih maju dibandingkan dengan pencari kerja lain, perhatikan beberapa tips berikut ini. Tips berikut adalah tips paling menjanjikan bagi para lulusan baru untuk memulai karier. Ini dia pembahasannya.

  1. Buat CV yang Menarik

Sebelum melamar kerja, Anda membutuhkan berkas yang satu ini. Curahkan perhatian Anda pada CV atau Curriculum Vitae. Dalam penulisan CV, hal-hal kecil seperti penulisan kata serta tata bahasa sangat penting. Hal tersebut ikut menunjukkan seberapa teliti diri Anda. Ketika membuat CV, jangan ragu untuk meminta bantuan dan saran dari orang yang lebih berpengalaman. Ingat, CV yang baik akan memperbesar peluang untuk mendapatkan pekerjaan.

  1. Jangan berhenti mengembangkan diri

Untuk menambah pengalaman kerja, tidak ada salahnya untuk memulai karier menjadi anak magang. Jika selama magang pekerjaan Anda bagus, besar kemungkinan Anda untuk direkrut menjadi karyawan tetap. Jika memang belum sesuai, pengalaman magang ini bisa menjadi nilai lebih untuk Anda. Intinya, pastikan diri Anda tetap berkembang saat proses mencari kerja. Jangan hanya menunggu pekerjaan tanpa melakukan apa pun. Skill dan kemampuan Anda tetap harus ditingkatkan.

  1. Perluas Koneksi

Sembari menunggu panggilan kerja, tidak ada salahnya untuk memperluas koneksi. Jalinlah hubungan baik dengan rekan-rekan Anda. Berkumpulah di lingkaran orang-orang yang sukses dan bersemangat. Lingkungan yang baik akan memotivasi diri Anda untuk terus berjalan maju. Semakin luas koneksi Anda, akan semakin banyak kesempatan Anda untuk mendapatkan info pekerjaan yang terpercaya. Dengan dikelilingi orang-orang yang sukses, Anda mungkin akan bersemangat untuk membangun usaha dan menjadi orang yang sukses juga.

  1. Sesuaikan Pola Pikir dengan Realita

Tidak sedikit pencari kerja yang terus terpaku pada satu pekerjaan idaman. Mereka tidak melirik pekerjaan lain selain pekerjaan idaman tersebut. Nah, agar dapat berkembang, hindarilah perilaku semacam ini. Sesuaikan pola pikir dengan realita yang ada. Lowongan pekerjaan lain perlu juga dipertimbangkan. Meski tidak sesuai dengan keinginan, pekerjaan tersebut mungkin bisa membuat diri Anda lebih berkembang. Untuk bisa mendapatkan tawaran pekerjaan yang sesuai dengan kualitas diri Anda, perbanyaklah lingkaran pencarian pekerjaan. Anda bisa memanfaatkan situs web lowongan kerja. Anda juga bisa memanfaatkan koneksi yang sudah Anda bangun. Intinya, jangan putus asa. Ke depannya, Anda mungkin akan menerima beberapa penolakan. Jadikanlah penolakan tersebut sebagai bahan pembelajaran agar pada kesempatan berikutnya Anda bisa mendapatkan pekerjaan.

  1. Jemput Bola

Jika Anda mempunyai perusahaan idaman dan Anda yakin bisa bekerja dengan baik di perusahaan tersebut, tidak ada salahnya jika Anda terus fokus untuk melamar di perusahaan tersebut. Jangan menunggu ada lowongan. Sesekali, Anda bisa menjemput bola. Meski tidak ada lowongan, Anda bisa tetap mengirimkan lamaran pekerjaan. Beberapa perusahaan tidak membuka lowongan kerja. Mereka memanfaatkan data pencari kerja yang sudah memasukkan berkas mereka. Siapa tahu dengan cara menjemput bola, Anda malah bisa mendapatkan pekerjaan impian.

1 Comment
  • Yanry Silalahi

    Baiklah . . .

Leave a reply

Your email addres will not be published.
Required fields are marked with