Tips Membuat Lamaran dan CV Yang Baik Agar Lolos Tahap Awal
0
 

Melamar kerja? Maka anda harus mempersiapkan beberapa berkas yang menjadi syarat dan ketentuan dari masing-masing lowongan pekerjaan yang akan anda lamar. Syarat utama dan berkas yang tetap harus disertakan dalam setiap lamaran pekerjaan adalah surat lamaran dan CV atau daftar riwayat hidup. Dimana kedua hal ini menjadi patokan sebuah perusahaan dalam menilai calon pegawainya. Sehingga memang surat lamaran dan CV ini sangat penting dan dapat mempengaruhi penerimaan anda pada saat pengajuan lamaran tersebut.

Surat lamaran yang baik adalah surat lamaran yang ditulis dengan menggunakan kertas folio bergaris dan ditulis tangan dengan tinta hitam. Karena denga hal ini menunjukkan keseriusan anda dalam melamar. Dan melalui tulisan tangan ini, pihak peusahaan juga dapat menilai kepribadian anda dengan melakukan analisis tulisan tanga, sehingga, terkadang pihak perusahaan juga kadang menyewa ahlinya untuk menganalisis setiap surat lamaran yang masuk. Sehingga anda harus menulisny dengan sangat hati-hati, rapi dan bersih agar bisa menunjukkan kepribadian yang baik dalam diri anda. Namun, jika ada perusahaan yang mau menerima surat lamaran anda dengan bentuk ketikan komputer, maka yang harus paling anda perhatikan adalah format dan tata bahasanya.

Tips Membuat Lamaran dan CV Yang Baik Agar Lolos Tahap Awal

Walaupun sebenarnya dalam menulis surat lamaran dengan tulisan tangan juga harus memperhatikan hal-hal tersebut. Karena penggunaan bahasa juga bisa menjadi kriteria dalam penentuan kepribadian yang dibutuhkan untuk posisi tertentu. Surat lamaran kerja, biasanya berisi mengenai dari mana anda memperoleh informasi mengenai lowongan pekerjaan tersebut, posisi apa yang anda inginkan, kelebihan apa yang anda miliki serta melampirkan beberapa dokumen atau prasayarat lainnya yang dibutuhkan untuk mendukung dan memperkuat profil anda. Salah satu dari dokumen tersebut adalah daftar riwayat hidup, atau bahasa kerennya adalah CV yang merupakan kepanjangan dari Curiculum Vitae.

CV adalah profil lengkap mengenai diri anda sendiri. Yang mana menunjukkan data pribadi anda secara rinci. Mulai dari nama lengkap, tanggal lahir, alamat, hobi, pengalaman, riwayat peniddikan anda dan lain sebagainya. CV ini tak harus dengan tulisan tangan. Namun biasanya akan mejadi poin lebih jika anda juga membuatnya dengan tulisa tangan juga. Namun, jika tidak pun juga tidak masalah. Karena CV hanya akan menunjukkan data pribadi anda secara lengkap. Dan untuk medukung surat lamaran anda. Kunci dari pembuatan kedua dokumen penting ini adalah anda harus menggunakan bahasa yang sopan, tidak merndahkan diri sendiri, percaya diri, namun tidak boleh sampai menggunakan kalimat yang terkesan terlalu menyombongkan diri sendiri. Buatlah surat lamaran sesingkat mungkin, namun inti dari maksud anda sangat jelas, menunjukkan kepercayaan diri anda dan tidak terkesan terlalu menggurui atau menyombongkan diri.

Jika anda melakukannya, kemungkinan lolos pada tahap administrasi awal sudah didepan mata anda. Kuncinya, jangan meremehkan dalam hal membuat surat lamaran kerja dan pembuatan CV, karena hal tersebut sangat mempengaruhi penilaian awal perusahaan terhadap anda. Kepribadian menjadi tolok ukur utama dalam merekrut pegawai. Hal ini karena orang yang memiliki kerpibadian bagus, akan jauh lebih mudah ditata dan akan benyak memberikan keuntungan bagi perusahaan dan bisa berkomitmen dengan tanggung jawab yang dibebankan pada dirinya. Sehingga, bagi anda yang ingin melamar kerja, didiklah diri anda menjadi pribadi yang bertanggung jawab, jujur, kerja keras dan berkomitmen mulai dari sekarang. Agar anda dapat dengan mudah memperoleh pekerjaan, dan memenangkan hukum rimba yang berlaku di dunia kerja ini.