Mungkin Anda sangat tidak asing dengan tes psikotes. Tes yang sering disebut dengan tes psikologi ini merupakan tahap seleksi pada saat dilakukan perekrutan pegawai baru. Fase ini banyak sekali diterapkan oleh perusahaan dan juga pada saat dilakukan tes calon pegawai negeri.

Pada psikotes ini sangat berbeda dengan tes potensi akademik, karena dilakukannya psikotes untuk mengukur individu yang berkaitan dengan psikisnya masing-masing. Jadi, yang dinilai bukanlah tingkat kecerdasannya, tetapi aspek kepribadian yang nantinya disesuaikan dengan keinginan perusahaan. Tak jarang pada saat dilakukan tes ini, para lulusan perguruan tinggi terbaik dengan IPK yang sangat bagus gagal dalam tes ini.

Hal ini dikarenakan memang yang dicari oleh perusahaan bukan seberapa cerdasnya seorang pelamar pekerjaan tersebut. Jadi kemungkinan dari aspek kepribadian yang dinilai berdasarkan psikotes tidak sesuai dengan yang dibutuhkan oleh sebuah perusahaan. Fase psikotes ini membuat banyak orang yang akan mengikuti seleksi mencari cara untuk bisa lolos dan nantinya mendapat posisi yang sesuai atau diinginkan.

Psikotes sendiri terbilang cukup susah pada saat mengerjakannya. Hal ini dikarenakan memang tujuan dilakukannya psikotes ini untuk mengetahui kepribadian dan karakter, sehingga bagaimana soal yang dibuat tersebut bisa menjawab kebutuhan dari perusahan terhadap calon pegawainya. Itulah mengapa banyak sekali perusahaan yang sudah menerapkan psikotes ini sebagai cara untuk dapat menemukan calon pegawai yang memang sesuai kebutuhan perusahaan. Tak heran jika ketika mengerjakan soal Anda dibuat pusing sendiri untuk bisa menjawabnya.

Bagi Anda yang akan menghadapi psikotes, namun merasa takut gagal jangan khawatir. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar lolos psikotes dengan mudah.

1) Banyak berlatih mengerjakan soal psikotes.

Kebanyakan bentuk dari soal psikotes memang hampir sama. Perbedaannya terletak pada cara penyelesaian dari soal tersebut. Dengan memperbanyak berlatih mengerjakan soal tentu nantinya akan mempermudah Anda mengerjakan pada saat tes yang sesungguhnya. Ini merupakan bagian dari persiapan yang juga sangat penting untuk Anda lakukan dalam menghadapi seleksi melalui psikotes.

2) Melakukan persiapan sebelum menghadapi psikotes.

Persiapan yang tidak kalah penting dilakukan yaitu kondisi tubuh yang bugar serta mood yang baik dan bahagia. Hal ini terbilang penting karena sesorang akan lebih produktif dan sukses jika dalam keadaan yang baik. Tentu nantinya akan mempermudah Anda pada saat berpikir untuk menjawab berbagai soal psikotes yang diberikan. Pastikan Anda sudah mendapatkan istirahat yang cukup.

3) Konsentrasi dan juga fokus.

Pada saat mengerjakan soal pastikan Anda melakukannya dengan teliti, tenang dan juga konsentrasi. Hal ini sangat penting sekali untuk memudahkan Anda dalam mengerjakan psikotes. Jika ketiga hal tersebut tidak diterapkan pada saat mengerjakan tentu bisa saja hasil yang didapatkan akan mengecewakan. Karena hanya mengandalkan kecerdasan saja tanpa adanya ketelitian dan ketenangan dalam mengerjakan tidak cukup untuk bisa membuat Anda lolos.

4) Berdoa.

Ini merupakan hal yang sangat utama untuk Anda lakukan sebelum dan sesudah dilakukan psikotes. Apalagi sebelum mengerjakan soal, sangat dianjurkan sekali berdoa tetlebih dahulu. Selain itu semua hal yang menentukan adalah Tuhan, jadi yang harus dilakukan sebagai seorang manusia adalah berusaha dan berdoa. Dan berdoa sendiri bisa mempermudah dalam menghadapi segala urusan, selain itu juga bisa membuat hati lebih tenang.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda coba jika ingin lolos psikotes. Pastikan Anda menyeinbangkan antara usaha dan doa. Karena dengan usaha saja tanpa berdoa bukanlah sebuah jaminan karena semua Tuhan yang menentukan. Begitu juga sebaliknya, jika Anda hanya berdoa saja tanpa berusaha merupakan suatu hal yang dirasa tidak mungkin.