Tips Ampuh Interview Kerja Pasti Lolos
1
 

Apa resolusi Anda untuk tahun ini? Apakah Anda ingin segera mendapatkan pekerjaan? Beberapa orang mungkin sepakat bahwa mencari pekerjaan di Indonesia memang bukanlah hal yang mudah. Kita harus mampu bersaing dengan ribuan pencari kerja lainnya untuk satu posisi tertentu. Ada kalanya Anda berhasil lolos ke tahap wawancara, tetapi masih harus gugur karena pencari kerja lain lebih berbakat daripada Anda. Ini sungguh sangat disayangkan. Jika Anda sudah masuk tahap wawancara, kesempatan untuk lolos sudah mencapai 50%, bahkan lebih.

Jangan menyia-nyiakan kesempatan emas ini. Supaya tahap wawancara bisa berhasil 100%, ikuti tips ampuh berikut ini.

  1. Siapkan berkas-berkas yang dibutuhkan

Ketika wawancara, perusahaan mungkin akan meminta Anda untuk menyiapkan berkas-berkas asli, seperti surat lamaran kerja, CV, fotokopi ijazah, dan dokumen-dokumen lainnya. Siapkan semua berkas yang diperlukan dalam satu map khusus. Simpan di tempat yang mudah terlihat agar berkas tersebut tidak tertinggal.

  1. Siapkan diri Anda

Persiapan diri yang dimaksud di sini adalah terkait dengan penampilan Anda. Biasanya, perusahaan akan menetapkan dress code untuk para peserta tertentu. Akan tetapi, tidak semua perusahaan berlaku demikian. Untuk Anda yang tidak menerima dress code wawancara, pastikan Anda menggunakan pakaian yang rapi dan sopan. Ingat, kesan diri Anda akan langsung terlihat dari penampilan Anda. Jika penampilan Anda rapi, bersih, dan sopan, kesan pertama yang timbul pasti baik. Begitupun sebaliknya.

  1. Siapkan Materi

Ketika masuk ke tahap wawancara, perusahaan akan mencoba mengenal karakter Anda dan menilai apakah karakter Anda cocok dengan perusahaan atau tidak. Akan ada beberapa pertanyaan yang diajukan kepada Anda. Pertanyaan wajib yang pasti ditanyakan adalah tentang siapa diri Anda, kelebihan dan kekurangan Anda, hobi, hingga masalah gaji. Pastikan Anda sudah menyiapkan jawaban dari kemungkinan pertanyaan yang diajukan. Anda bisa belajar mencari jawaban cerdas untuk tipe-tipe pertanyaan ketika wawancara.

  1. Datang 15 menit sebelum jadwal wawancara

Datang 15 menit sebelum jadwal wawancara

Haram hukumnya jika Anda sampai telat menghadiri wawancara. Kesan pertama yang langsung terlihat ketika Anda datang telat adalah sosok yang tidak disiplin. Anda tentu tidak ingin dinilai demikian. Oleh karena itu, pastikan Anda datang 15 menit sebelum jadwal wawancara. Waktu tersebut nantinya bisa Anda manfaatkan menyiapkan diri dan mental. Jangan sampai Anda terlihat terlalu gugup saat wawancara kerja.

  1. Duduk dengan Nyaman

Wajar sekali jika Anda merasa gugup saat wawancara. Bagaimanapun, ini adalah salah satu tahap paling menentukan apakah Anda akan diterima kerja atau tidak. Untuk mengurangi rasa gugup yang ada, posisikan diri Anda senyaman mungkin dan sopan. Pilih posisi duduk yang nyaman untuk kelancaran proses wawancara.

  1. Jawab pertanyaan dengan percaya diri

Meskipun gugup, jangan sampai rasa percaya diri Anda hilang. Semua jawaban yang keluar dari mulut Anda haruslah jawaban yang yakin dan percaya diri. Tatap mata pewawancara dan tunjukkan bahwa Anda yakin dengan ucapan Anda. Jika Anda yakin dengan diri Anda, perusahaan pun akan yakin dengan Anda. Kalau Anda saja tidak percaya diri, bagaimana perusahaan akan percaya pada Anda?

Demikian adalah 6 poin penting yang harus Anda perhatikan ketika wawancara kerja. Dengan memperhatikan beberapa hal di atas, pasti wawancara kerja akan sukses dan Anda bisa mendapatkan pekerjaan impian. Beberapa orang melalaikan poin-poin di atas sehingga proses wawancara pun tidak berhasil.

1 Comment
  • Daniel S

    Tolong di bantu doanya min. . .tq

Leave a reply

Your email addres will not be published.
Required fields are marked with