Tips Agar Lolos Tes Kerja Pada 2 Tahapan Tes
0
 

Uang adalah salah satu hal yang paing dicari oleh semua orang. Karena memang dengan uang, segalanya bisa jauh lebih bailk. Salah satu cara memperoleh uang adalah dengan bekerja. Namun, tak semua orang memiliki pekerjaan tetap.

Ada beberpa orang yang hanya memiliki kerja sampingan dan berniat untuk mencari pekerjaan tetap. Untuk memperoleh pekerjaan tetap, anda bisa mencari berbagai lowongan pekerjaan di media sosial maupu media cetak. Dan biasanya setiap lowongan, mewajibkan anda untuk mengikuti serangkaian tes yang harus anda jalani terlebih dahulu. Seperti tes tulis dan tes wawancara. Tes tulis biasanya terdiri dari beberapa sesi, atau beberapa tahap. Dan  tes wawancara dilakukan setelah anda lulus tes tulis.

Tahapan pertama untuk lolos tes kerja adalah dengan lolos tes tulis.

Yang mana tes tulis ini biasanya terdiri dari berbagai macam tes tulis, seperti psiko test yang mana tipsnya dalah sebagai berikut

1) Banyak berlatih mengerjakan soal psikotes. Kebanyakan bentuk dari soal psikotes memang hampir sama. Perbedaannya terletak pada cara penyelesaian dari soal tersebut. Dengan memperbanyak berlatih mengerjakan soal tentu nantinya akan mempermudah Anda mengerjakan pada saat tes yang sesungguhnya. Ini merupakan bagian dari persiapan yang juga sangat penting untuk Anda lakukan dalam menghadapi seleksi melalui psikotes.

2) Melakukan persiapan sebelum menghadapi psikotes. Persiapan yang tidak kalah penting dilakukan yaitu kondisi tubuh yang bugar serta mood yang baik dan bahagia. Hal ini terbilang penting karena sesorang akan lebih produktif dan sukses jika dalam keadaan yang baik. Tentu nantinya akan mempermudah Anda pada saat berpikir untuk menjawab berbagai soal psikotes yang diberikan. Pastikan Anda sudah mendapatkan istirahat yang cukup.

3) Konsentrasi dan juga fokus. Pada saat mengerjakan soal pastikan Anda melakukannya dengan teliti, tenang dan juga konsentrasi. Hal ini sangat penting sekali untuk memudahkan Anda dalam mengerjakan psikotes. Jika ketiga hal tersebut tidak diterapkan pada saat mengerjakan tentu bisa saja hasil yang didapatkan akan mengecewakan. Karena hanya mengandalkan kecerdasan saja tanpa adanya ketelitian dan ketenangan dalam mengerjakan tidak cukup untuk bisa membuat Anda lolos.

4) Berdoa. Ini merupaka hal yang sangat utama untuk Anda lakukan sebelum dan sesudah dilakukan psikotes. Apalagi sebelum mengerjakan soal, sangat dianjurkan sekali berdoa tetlebih dahulu.

Kemudian setelah anda lolos tes tulis, tahap selanjutnya adalah tes wawancara yang tipsnya adalah sebagai berikut:

1)  pada saat interview, perlihatkan rasa percaya diri anda, jangan sampai anda menunduk atau merendahkan diri anda sendiri . karena hal ini juga berkaitan dengan cara anda menghadapi sebuah masalah ketika dalam bekerja.

2)  kemudian setiap pertanyaan yang diajukan jawab sebisa anda, sepercaya diri mungkin dan jangan sampai mengatakan tidak. Karena hal itu menunjukkan sikap pesimis anda , bahkan bisa menurunkan kemampuan anda dihadapan pewawancara. Biasanya pertanyaan menjaebak ini terkait dengan keterampilan komputer.

3)  berilah jawabab yang pas dan sesuai dengan pertanyaa n yang diajukan, jangan sampai terlalu banyak alasan yan membuat anda tidak langsung to the poin ke inti pertanyaan.

4) jika menanyakan alasan tentang perusahaan sebelumnya anda bekerja, maka berikan ulasan yag positif  terkait pekerjaan anda sebelumnya. Jangan mengungkapkan hal-hak yang tidak baik.

5)  cari tahu mengenai segala informasi mengenai perusahaan yang akan anda lamar posisinya dan jangan lupa mencari referensi bentuk-bentuk pertanyaan yang diajukan pada saat interview.