Siapkan Diri Anda Dengan 4 Pertanyaan Interview
0
 

Memiliki pekerjaan yang sesuai dengan bakat dan keahlian merupakan idaman setiap orang. Akan tetapi tidak semua orang melakukan pekerjaan sesuai dengan bakat dan keahliannya. Desakan ekonomi dan keterbatasan lapangan kerja serta minimnya pengalaman kerja membuat seseorang melakukan segala pekerjaan asalkan bisa menghasilkan uang yang halal. Di Indonesia banyak sekali perusahaan yang sedang membutuhkan tenaga kerja untuk mengisi kekosongan tenaga kerja pada bidang tertentu.

Untuk mendapatkan tenaga kerja yang sesuai, pihak perusahaan akan menuliskan beberapa job vacancy atau informasi lowongan pekerjaan melalui beberapa media, baik media elektronik maupun media cetak. Perusahaan yang sedang mencari tenaga kerja tersebut juga tidak ingin mendapatkan tenaga kerja yang asal-asalan. Oleh karenanya, perusahaan akan menuliskan beberapa ketentuan dan syarat pada informasi lowongan kerja.

4 Pertanyaan Interview Yang Kerap Ditanyakan

Informasi lowongan kerja inilah yang banyak dicari oleh para pencari pekerjaan yang ada di indonesia. Mereka yang sesuai kualifikasi yang tertera pada lowongan kerja akan melayangkan surat lamarannya pada perusahaan tersebut. Nah, mungkin anda salah satu orang yang sedang mencari pekerjaan atau sudah melamar pekerjaan. Perusahaan akan melakukan seleksi terhadap calon tenaga kerja yang sudah melamar di perusahaan tersebut. Salah satu tahap seleksi ialah melalui wawancara atau interview kerja. Sebelum anda melakukan interview kerja, sebaiknya anda mempersiapkan diri dengan baik untuk menjawab beberapa pertanyaan yang kemungkinan diajukan oleh pihak perusahaan saat wawancara kerja. poker online

Ada 4 pertanyaan yang seringkali diajukan pada saat interview kerja. Berikut ini ulasan selengkapnya:

  1. Bagaimana anda menyikapi perselisihan dalam sebuah pekerjaan?

Melalui pertanyaan ini, penanya ingin mengetahui bagaimana cara anda dalam menyikapi permasalahan yang kemungkinan terjadi pada saat melakukan pekerjaan di perusahaan tersebut. Maka dalam menjawabnya anda harus jelas, lugas dan mempunyai kiat-kiat tersendiri dalam menyelesaikan perselisihan tersebut. Jelaskan kepada penanya bahwa peselisihan itu merupakan hal yang wajar dalam melakukan sebuah pekerjaan, namun yang terpenting ialah bagaimana persoalan itu selesai dengan happy ending.

  1. Bagaimana pendapat anda tentang karir anda dalam waktu 5 tahun ke depan?

Penanya akan menguji bagaimana perkembangan pemikiran anda dalam waktu lima tahun ke depan. Maka jawablah pertanyaan ini dengan logis dan realistis. Apabila anda belum mempunyai jawaban pasti mengenai pertanyaan ini, maka jawablah dengan jujur bahwa anda belium begitu yakin dengan keadaan saat ini. Kemudian anda akan mengetahuinya setelah melakukan pekerjaan di tempat tersebut

  1. Apa alasan anda berhenti atau keluar dari pekerjaan sebelumnya?

Apabila ini bukan lamaran kerja anda yang pertama, maka anda akan mendapatkan pertanyaan ini. Meskipun anda ada beberapa konflik dan masalah di tempat kerja lama, sebaiknya anda tidak menceritakan hal tersebut kepada penanya. Tidak ada gunanya menceritakan keburukan dan kejelekan perusahaan lama anda. Jawablah dengan kata-kata bahwa anda akan mendapatkan banyak pengalaman di tempat kerja yang baru ini.

  1. Berapa besar gaji yang anda harapkan?

Pertanyaan seperti ini seringkali dilontarkan pada saat wawancara kerja. Maka jwaban yang paling bijak ialah anda harus mengetahu terlebih dahulu range atau kisaran gaji yang diberikan pada posisis yang anda lamar saat ini. Selebihnya anda harus pandai bernegoisasi dengan pihak perusahaan.

Baca Juga: Cara Mudah Lolos Interview Kerja

Demikianlah beberapa pertanyaan yang akan anda hadapi ketika wawancara kerja. Sebaiknya anda persiapkan segalanya dengan baik dan matang. Menjawablah setiap pertanyaan dengan lugas, jelas dan tidak terkesan tergesa-gesa.