Bisa bekerja di perusahaan impian memang menjadi hal baik yang harus diwujudkan. Akan tetapi, jangankan mendapatkan pekerjaan di perusahaan impian, dipanggil wawancara kerja saja belum. Tenang. Tak perlu terlalu khawatir. Mendapatkan pekerjaan bisa dibilang gampang-gampang susah. Gampang jika Anda tahu triknya dan susah jika Anda asal-asalan saat melamar kerja. Supaya lamaran pekerjaanmu diterima, Anda tidak hanya butuh kesiapan fisik saja. Berkas-berkas lamaran kerja juga harus dilengkapi. Susun berkas kerja tersebut dengan rapi dan menarik agar HRD perusahaan bisa dengan mudah melihat potensi dalam diri Anda.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa memperhatikan beberapa hal berikut agar lamaran kerja Anda diterima.

  1. Curriculum Vitae atau Daftar Riwayat Hidup

Semua perusahaan membutuhkan Curriculum Vitae (CV) sebagai bahan pertimbangan untuk menilai siapa diri Anda. Sebagai salah satu dokumen yang penting, Anda tidak boleh asal-asalan dalam membuat CV. CV yang baik harus mampu menampilkan nilai lebih diri Anda. Meskipun begitu, CV juga tidak boleh terlalu panjang. Satu lembar saja cukup untuk mendeskripsikan siapa diri Anda dan apa saja keahlian yang Anda miliki. CV yang terlalu panjang justru akan terlihat membosankan dan tidak menarik.

Untuk pembuatan CV, sesuaikan juga dengan jenis perusahaan yang Anda lamar. Untuk perusahaan-perusahaan kreatif, CV formal tidak akan lagu. Begitupun sebaliknya. Khusus bagi Anda yang ingin melamar di perusahaan kreatif, Anda bisa mendesain CV Anda dengan desain-desain yang unik yang bisa menampilkan karakter Anda.

  1. Informasi Lowongan Kerja

Setelah CV siap, saatnya mencari informasi lowongan kerja. Di era yang sudah sangat canggih seperti ini, ada banyak media yang dengan sukarela menampilkan info-info lowongan kerja. Anda bisa mengunjungi website lowongan kerja terpercaya. Selain itu, Anda juga bisa mengikuti media sosial yang menyediakan informasi lowongan kerja. Pastikan sumber informasi tersebut terpercaya. Sekarang ini, ada banyak kasus di mana pencari kerja justru disuruh membayar sejumlah uang untuk mendapatkan pekerjaan. Lowongan kerja semacam ini jelas penipuan dan harus dihindari.

  1. Membuat Surat Lamaran Kerja

Setelah memilih satu perusahaan yang paling cocok dengan diri Anda, saatnya membuat surat lamaran kerja. Surat lamaran kerja tidak harus ditulis tangan. Anda bisa membuat lamaran kerja dengan diketik rapi. Surat lamaran kerja yang bagus harus jelas dan ringkas. Jangan terlalu bertele-tele dan ikutilah kaidah penulisan surat lamaran kerja yang benar. Khusus untuk perusahaan kreatif, surat lamaran kerja ini bisa dikreasikan sekreatif mungkin. Ketika membuat surat lamaran kerja, jangan lupa cantumkan posisi yang dilamar, tanggal surat, nomor telepon, dan tanda tangan.

  1. Pengiriman Berkas Lamaran Kerja

Berkas lamaran kerja bisa dikirimkan dalam beberapa cara. Cara pertama, menggunakan email. Seiring dengan semakin berkembangnya waktu, lamaran pekerjaan bisa dikirim secara online. Ketika mengirim file via email, pertimbangkan besar file. File lamaran kerja yang dikirim via email biasanya berbentuk .zip. Cara kedua bisa melalui pos. Ketika mengirim berkas lamaran kerja via pos, pastikan alamat penerima dan pengirim sudah jelas. Terakhir, cara ketiga adalah dengan datang langsung ke perusahaan. Cara ini efektif jika perusahaan yang dituju dekat dengan tempat tinggal Anda.

Demikian adalah 4 hal yang harus Anda perhatikan ketika melamar kerja. Dengan 4 poin di atas, berkas lamaran kerja Anda akan terlihat lebih bernilai. HRD pun akan mempertimbangkan Anda untuk dipanggil wawancara.

1 Comment
  • Delia. T

    hi, CEO ada gk lowongan untuk kerja di restoran, mksd ane jadi asisten koki. . . ??

Leave a reply

Your email addres will not be published.
Required fields are marked with