Tips karir – Memiliki karir yang sukses merupakan impian setiap orang. Dengan karir yang sukses tersebut, mereka dapat mencukupi segala macam kebutuhan selama hidup. Meskipun kesuksesan berkarir memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan seseorang, karir yang sukses tidak dapat datang dengan begitu saja. Ada banyak proses yang dilakukan oleh seseorang sehingga ia dapat memetik kesuksesannya di masa sekarang. Pertama kali seseorang meniti karir pastinya harus menghadapi seleksi terlebih dahulu. Jika seleksi perekrutan karyawan tersebut dapat dilalui, tahap berikutnya adalah tahap seleksi. Di tahap seleksi ini, kemungkinan mendapatkan kegagalan sangatlah yang besar. Hanya orang-orang yang beruntunglah yang mampu melalui tahap wawancara tersebut. Karena sulitnya melalui tahap wawancara tersebut, tak mengherankan banyak pihak yang menggunakan kiat-kiat khusus agar tahap wawancara dapat dilalui dengan mudah.

Jika Anda akan berhadapan dengan tahap seleksi, sebaiknya Anda mengetahui kiat-kiat apa saja yang harus dilakukan guna memudahkan Anda dalam menghadapi tahap seleksi tersebut. Jika Anda tertarik untuk mengetahui mengenai kiat-kiat tersebut, simak penjelasan mengenai kiat sukses menghadapi wawancara berikut ini:

menciptakan kesan pertama dengan menjaga penampilan

  • Menciptakan kesan pertama dengan baik
    Ketika Anda berada di tahap seleksi sebuah perusahaan, hal penting yang harus Anda lakukan adalah menciptakan kesan pertama dengan baik. Dengan melakukan hal tersebut, Anda berpeluang untuk meneruskan tahap lainnya dan memasuki perusahaan yang Anda inginkan.
  • Cerdas menjawab
    Ketika Anda melakukan wawancara, jangan terlalu banyak berbicara mengenai hal-hal yang tidak perlu. Anda dapat saja dicap sebagai pribadi yang cerewat dan tidak memiliki rasa percaya diri. Kemungkinan paling parah yang mungkin terjadi adalah kesempatan untuk melanjutkan ke tahap berikutnya tidak dapat Anda ikuti. Ketika wawancara berlangsung, jangan berbicara dengan gugup dan jawab pertanyaan dengan sikap yang baik. Anda tidak perlu berbicara panjang lebar dan tetaplah focus pada pertanyaan yang diberikan.
  • Ajukan pertanyaan ketika Anda sedang diwawancarai
    Ketika Anda sedang menghadapi wawancara, biasanya Anda akan diberikan kesempatan untuk bertanya. Kesempatan ini dapat Anda gunakan untuk bertanya seputar perusahaan yang akan Anda masuki. Dengan pertanyaan tersebut, Anda terkesan memiliki rasa tertarik akan perusahaan tersebut.
  • Tepat waktu
    Kiat dalam melakukan wawancara yang lain adalah tepat waktu. Anda sebaiknya datang ke lokasi tujuan wawancara 15 menit sebelum kegiatan wawancara dilangsungkan. Waktu tersebut dapat Anda gunakan untuk mempersiapkan diri sebelum wawancara berlangsung. Anda dapat memperbaiki penampilan atau belajar untuk menghadapi wawancara tersebut.
  • Menjaga penampilan
    Penampilan merupakan cermin kepribadian seseorang. Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa seseorang dapat memberikan penilaian kepada seseorang hanya dengan melihat dari penampilan orang tersebut. Hal inilah yang mengharuskan Anda untuk tampil seperti seorang yang professional. Tidak harus terlalu formal dan jangan terlalu berpenampilan kasual. Jika Anda salah dalam berpenampilan, Anda akan dinilai tidak serius dengan pekerjaan yang ditawarkan.

Selain kiat-kiat dalam menghadapi wawancara yang disebutkan di atas, sikap Anda dalam berjabat tangan merupakan salah satu poin penting ketika dihadapkan dengan tahap wawancara di sebuah perusahaan. Ketika berjabat tangan dengan orang lain, sebaiknya Anda melakukannya dengan wajar. Jangan terlalu keras ketika menggenggam tangan orang yang dapat menimbulkan rasa sakit. Sikap keras Ana ketika berjawab tangan dapat membuat seseorang memberikan penilaian yang salah mengenai pribadi Anda. Anda akan dinilai memiliki sikap yang mendominasi dan memiliki sikap agresif yang tinggi.

Leave a reply

Your email addres will not be published.
Required fields are marked with