Anda pernah merasakan suasana saat interview kerja? Jika anda sudah memasuki dunia kerja pasti sudah pernah. Mungkin sebagian dari anda yang baru saja lulus dari dunia pendidikan belum pernah merasakan bagaimana suasana saat wawancara kerja, apa saja pertanyaannya dan bagaimana pula jawaban yang benar dan diterima oleh penanya. Proses wawancara kerja merupakan hak dari pihak perusahaan tersebut. Oleh karenanya, apabila anda berniat untuk melakukan pencarian kerja sebaiknya mempersiapkan dulu dari sekarang. Selain mempersiapkan surat lamaran yang baik, anda juga perlu mempersiapkan mental untuk menjawab pertanyaan yang diajukan oleh penanya ketika wawancara kerja.

Tidak sedikit para calon tenaga kerja yang berada pada tahap interview tidak melakukan interview dengan baik dan pada akhirnya para calon tenaga kerja tersebut tidak bisa bekerja disana. Ini sungguh sangat disayangkan. Oleh karenanya, pelajarilah beberapa pertanyaan yang sering diajukan ketika interview kerja. Berikut ini ada beberapa pertanyaan yang sering diajukan kepada para calon tenaga kerja. Anda bisa menyiapkan jawaban yang terbaik pada saat interview kerja nanti.  Berikut ini beberapa pertanyaan yang tidak wajar atau tidak biasa diajukan ketika interview kerja.

  1. Apakah Anda Masih Lajang?

Pertanyaan ini mungkin tidak wajar ditanyakan ketika interview kerja. Akan tetapi, beberapa perusahaan mempunyai kualifikasi tentang calon tenaga kerja yang hendak bekerja di perusahaan tersebut. Apabila pada saat pengumuman adanya lowongan kerja tidak tertulis kualifikasi tentang lajang atau menikah, maka anda berhak menjawab dengan cara mengatakan “ saya lebih memilih agar tidak membahas kehidupan privasi saya dan saya lebih suka mendiskusikan tentang karir dan ketrampilan saya untuk perusahaan ini”.

  1. Berapa Usia Anda Saat ini?

Pertanyaan ini sebenarnya sudah tertera pada tanda pengenal yang anda serahkan pada saat melamar pekerjaan. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan penanya akan memberikan pertanyaan seperti ini untuk memastikan bahwa calon tenaga kerja yang akan diterimanya merupakan kandidat yang terbaik dibandingkan dengan yang lainnya. Anda harus pintar-pintar dalam menjawab pertanyaan ini. Apabila anda cukup tua untuk sebuah pekerjaan, maka tonjolkanlah pengalaman dan ketrampilan yang anda miliki. Namun apabila anda masih muda, maka terangkanlah bahwa anda siap untk mengembangkan potensi yang ada.

  1. Bisakah anda menceritakan tentang diri anda sendiri?

Sekilas terlihat sangat sederhana pertanyaan ini. Namun apabila tidak tepat dalam menjawabnya, maka kualitas anda akan diragukan oleh pihak penerima kerja. Kesalahan umum yang sering dilakukan leh para pekerja ialah menceritakan tentang dirinya yang sudah tertulis di dalam CV. Untuk itu anda perlu mengembangkan jawabannya dengan memberikan kelebihan dan pengalaman terbaik yang pernah anda capai. Anda akan mendapatkan poin lebih apabila mempunyai pengalaman yang sesuai dengan pekerjaan yang anda lamar saat ini.

  1. Keunggulan apa yang anda miliki untuk bekerja di perusahaan ini?

Pertanyaan yang satu ini juga harus anda jawab dengan baik dan benar. Jelaskan kepada penanya tentang apa yang menjadi kelebihan anda. Ketika menjelaskan tentang kelebihan anda, maka jelaskan dengan detail, spesifik dan tidak terlalu general atau umum.

Intinya, ketika anda sedang melaksanakan interview atau wawancara kerja, maka anda tidak perlu gugup atau rendah diri. Anda harus bersiap untuk menjual dan mempromosikan diri anda kepada perusahaan dimana anda melamar suatu pekerjaan. Berbicaralah dengan jeas dan lugas serta tidak bertele-tele.