Mencari pekerjaan merupakan hal yang wajar dilakukan ketika seseorang membutuhkan uang untuk mencukupi kebutuhan hidupnya. Para pencari pekerjaan terdiri dari berbagai kalangan. Mulai dari lulusan SD, SMP, SMA atau SMK hingga lulusan sekolah tinggi. Minimnya pengalaman dan keahlian seringkali menjadikan seseorang tidak mendapatkan pekerjaan.

Hal inilah yang menjadi salah satu faktor banyaknya pengangguran di Indonesia. Mau tidak mau, mereka harus tetap bekerja untuk menyambung hidup. Keadaan seperti ini banyak dimanfaatkan oleh para pihak yang tidak bertanggung jawab dalam melakukan penipuan berkedok informasi lowongan kerja. Karena kebutuhan akan pekerjaan, tidak sedikit para pencari kerja yang menjadi korban penipuan. Muali dari disuruh untuk mngeluarkan uang hingga ditelantarkan oleh penyedia informasi tenaga kerja yang beniat menipu tersebut.

Melihat keadaan yang seperti demikian, sebaiknya anda memperhatikan 3 hal yang harus dihindari dalam rangka mecari pekerjaan di zaman yang serba modern ini. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini:

  1. Jangan Mudah Tergiur Dengan Gaji dalam Jumlah Besar

Siapa yang tidak ingin mempunyai gaji besar dalam waktu yang singkat dengan tingkat pekerjaan yang mudah? Tentu saja semua menginginkannya. Akan tetapi apakah anda percaya apabila ada seseorang yang menawarkan gaji sebesar 30 juta rupiah akan didapatkan dalam waktu satu bulan? Secara logika, hal ini sangat mustahil didapatkan. Meskipun seorang direktur, tentu melalui tahapan-tahapan yang lama dan penuh dengan kerja keras. Mungkin saja nominal sebesar itu bisa didapatkan oleh pengusaha besar atau pemilik perusahaan. Apabila anda belum punya pengalaman kerja dan ditawarkan dengan gaji sebesar itu, maka bisa dipastikan itu adalah penipuan. Pada umumnya, pada saat perekrutan pekerjaan akan dikenakan biaya dengan nominal tertentu.

  1. Hindari Informasi Lowongan Kerja Hoax

Seiring perkembangan zaman, informasi begitu banyak didapatkan. Bahkan mungkin seringkali anda dapatkan beberapa berita palsu atau hoax. Oleh karenanya, dalam mencari informasi lowongan pekerjaan, anda harus benar-benar selektif. Apabila anda mendapatkan pesan broadcast tentang info lowongan pekerjaan, maka anda harus mengklarifikasikannya terlebih dahulu. Anda bisa megklasrifikasikan secara langsung ke tempat yang menyediakan lowongan kerja jika memungkinkan untuk datang secara langsung. Biasanya perusahaan atau kantor akan mengumumkan penerimaan tenaga kerja di pagar atau mading. Jika tidak memungkinkan untuk datang langsung, maka segera cek di web resmi perusahaan tersebut. Atau anda bisa mengklarifikasikan dengan bertanya pada orang lain pada suatu grup lowongan kerja di sosial media. Kemungkinan ada orang yang lebih mengetahui tentang informasi tersebut.

  1. Jangan Terpaku pada Keinginan Pribadi

Boleh saja anda memiliki harapan dan keinginan dalam mencari sebuah pekerjaan. Akan tetapi yang terpenting dalam mencari pekerjaan ialah memanfaatkan peluang. Apabila ada informasi tentang lowongan pekerjaan, ada baiknya anda mencoba terlebih dahulu meskipun bayarannya di bawah dari target yang anda inginkan. Terlebih lagi jika anda tidak mempunyai pengalaman, maka sebaiknya mencari pengalaman juga sangat diperlukan meskipun gajinya masih di bawah jumlah yang anda inginkan.

Demikianlah beberapa hal yang harus anda hindari dalam mencari pekerjaan. Meskipun anda belum mempunyai pengalaman atau bahkan tidak mempunyai bekal pendidikan tinggi, anda bisa mendapatkan pekerjaan yang baik selama anda mempunyai skill atau keahlian. Oleh karenanya, milikilah keahlian yang bisa anda jual kepada orang lain. Para penyedia lapangan kerja akan membayar keahlian anda dengan harga yang sesuai.