cara menentukan karier

Tips karir РSetiap orang pasti ingin memiliki karir yang bagus dan cocok dengan keinginannya. Namun seringkali banyak orang yang ragu tentang keinginannya sendiri. Sehingga banyak diantaranya yang terjebak dengan karir yang tidak diinginkannya. Menentukan karir sebaiknya dimulai sejak dini, yakni sebelum memasuki perguruan tinggi. Anak SMA biasanya sudah cukup dewasa untuk memikirkan karir yang diinginkannya nanti. Namun banyak yang tidak mau repot memikirkannya dan memilih menjalani hidup seperti air mengalir. Padahal di masa SMA harusnya anak banyak berpikir tentang apa yang diinginkannya dan tidak. Jika anak mengetahui karir apa yang diinginkannya tidak akan salah lagi dalam memilih jurusan di perguruan tinggi.

Memulai sebuah karir tidaklah mudah. Dibutuhkan usaha yang keras agar bisa sukses di bidang tertentu. Kesuksesan tidak akan datang secara instan. Banyak hal yang perlu di korbankan. Untuk bisa mencapai suatu kesuksesan di bidang karir yang bagus maka seseorang harus menempuh pendidikan tinggi, mengorbankan waktu luang untuk memperkaya ilmu dan bekerja keras. Tentu pengorbanan ini bukanlah suatu hal yang remeh.Itulah sebabnya sangat penting untuk menentukan keinginan sendiri sebelum terjun ke lapangan.

 

Menentukan pilihan karir memang tidak mudah, ikuti tips dibawah ini untuk tahu karir yang cocok diperjuangkan.

1 . Lakukan riset tentang beberapa jenis pekerjaan.

Diantara banyaknya pekerjaan pasti ada beberapa jenis pekerjaan yang menarik minat. Jika minat dengan suatu pekerjaan artinya ada ketertarikan. Tanpa perlu melihat kemampuan diri sendiri maka hal ini cukup dijadikan pedoman. Lakukan riset terkait beberapa jenis pekerjaan yang membuat anda tertarik. Cari tahu sedalam mungkin. Pekerjaan yang di luar terlihat menarik bisa jadi di dalamnya ada hal-hal yang kurang anda sukai. Seperti misalnya anda suka dengan pekerjaan pilot. Namun setelah dilakukan riset bekerja menjadi pilot tidak semenyenangkan bayangan anda karena jarang pulang atau pekerjaan yang menuntut fisik yang tinggi kualitasnya. Beberapa pekerjaan yang menjadi minat anda pasti akan ada yang tereliminasi.

2 . Perhitungkan masa depan karir yang anda pilih

Setelah ada yang tereliminasi, sekarang saatnya untuk mulai memperhitungkan pekerjaan yang mempunyai masa depan yang bagus. Jika anda laki-laki pasti anda sadar bahwa di masa depan akan menjadi tulang punggung keluarga. Oleh karenanya dibutuhkan pekerjaan yang menjanjikan. Pilihlah jenis pekerjaan yang tidak akan padam meski tahun berganti. Seperti misalnya pekerjaan programmer, teknisi, atau dokter. Jenis pekerjaan tersebut merupakan contoh pekerjaan yang selalu dibutuhkan.

3 . Pertimbangkan keadaan ekonomi

Beberapa jenis pekerjaan tak hanya menuntut kerja keras tetapi juga biaya yang besar. Jika akan memilih suatu pekerjaan maka perhatikan juga ekonomi keluarga. Jika tidak memungkinkan untuk maju maka pilihlah opsi lain yang masih mungkin. Jika tidak gunakan kepandaian untuk mendapatkan beasiswa.

4 . Konsultasikan dengan orangtua

Mengkonsultasikan karir kepada orangtua sangat penting. Semangat keduanya bisa memberikan energi positif. Maka selalu berkonsultasilah sebelum menentukan segalanya.

Itulah beberapa tips untuk memilih karir yang cocok. Alangkah baiknya tentukan sejak dini agar bisa mengejar jurusan di perguruan tinggi yang sesuai dengan karir yang diinginkan. Semakin jelas tujuan seseorang untuk kuliah maka akan semakin mudah sukses. Begitu sebaliknya jika asal memilih maka tidak akan jelas arah perjuangan yang dilakukan. Bagaimanapun sukses berkarir tidak hanya dengan satu jentikan usaha tetapi melalui banyak usaha dengan banyak kegagalan. Jangan sia-siakan waktu untuk usaha yang belum jelas arahnya.

Leave a reply

Your email addres will not be published.
Required fields are marked with