Salah satu permasalahan di Indonesia yang belum ditemukan solusinya dengan baik ialah masalah pengangguran di Indonesia. Bukan hanya orang yang tidak mempunyai pendidikan sekolah yang menjadi pengangguran, lulusan universitas dan sekolah tinggi juga banyak yang menjadi pengangguran di negeri Indonesia ini. Sebenarnya dalam mencari pekerjaan itu tidaklah begitu sulit.

Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan Dalam Proses Interview

Oleh karena itu, pelajarilah beberapa pertanyaan yang sering diajukan ketika interview kerja. Berikut ini ada beberapa pertanyaan yang sering diajukan kepada para calon tenaga kerja. Anda bisa menyiapkan jawaban yang terbaik pada saat interview kerja nanti.  Berikut ini beberapa pertanyaan yang seringkali diajukan ketika interview kerja:

  1. Silahkan Menceritakan Tentang Diri Anda

Sekilas terlihat sangat sederhana pertanyaan ini. Namun apabila tidak tepat dalam menjawabnya, maka kualitas anda akan diragukan oleh pihak penerima kerja. Kesalahan umum yang sering dilakukan oleh para pekerja ialah menceritakan tentang dirinya yang sudah tertulis di dalam CV.

  1. Jelaskan Tentang Kelebihan Anda Untuk Diterima Di Perusahaan.

Pertanyaan yang satu ini juga harus anda jawab dengan baik dan benar. Jelaskan kepada penanya tentang apa yang menjadi kelebihan anda. Ketika menjelaskan tentang kelebihan anda, maka jelaskan dengan detail, spesifik dan tidak terlalu general atau umum.

  1. Mengapa kami harus menerima anda bekerja disini?

Pertanyaan ini memang terlihat lugas dan jelas. Namun ketahuilah bahwa dalam pertanyaan inilah, anda diberikan kesempatan untuk menjelaskan, mempromosikan dan menjual keahlian atau skill anda kepada penanya saat interview kerja.

  1. Bagaimana anda menyikapi perselisihan dalam sebuah pekerjaan?

Melalui pertanyaan ini, penanya ingin mengetahui bagaimana cara anda dalam menyikapi permasalahan yang kemungkinan terjadi pada saat melakukan pekerjaan di perusahaan tersebut. Maka dalam menjawabnya anda harus jelas, lugas dan mempunyai kiat-kiat tersendiri dalam menyelesaikan perselisihan tersebut. Jelaskan kepada penanya bahwa peselisihan itu merupakan hal yang wajar dalam melakukan sebuah pekerjaan, namun yang terpenting ialah bagaimana persoalan itu selesai dengan happy ending.

  1. Berapa besar gaji yang anda harapkan?

Pertanyaan seperti ini seringkali dilontarkan pada saat wawancara kerja. Maka jwaban yang paling bijak ialah anda harus mengetahu terlebih dahulu range atau kisaran gaji yang diberikan pada posisi yang anda lamar saat ini. Selebihnya anda harus pandai bernegoisasi dengan pihak perusahaan.

  1. Apa alasan anda berhenti atau keluar dari pekerjaan sebelumnya?

Apabila ini bukan lamaran kerja anda yang pertama, maka anda akan mendapatkan pertanyaan ini. Meskipun anda ada beberapa konflik dan masalah di tempat kerja lama, sebaiknya anda tidak menceritakan hal tersebut kepada penanya. Tidak ada gunanya menceritakan keburukan dan kejelekan perusahaan lama anda. Jawablah dengan kata-kata bahwa anda akan mendapatkan banyak pengalaman di tempat kerja yang baru ini.

  1. Sebutkan Kelemahan yang Dimiliki Oleh Anda

Melalui pertanyaan ini, penanya akan menguji seberapa jujur anda dalam melamar pekerjaan ini. Maka anda harus mengautur jawaban sesuai dengan kelemahan yang anda miliki. Namun, setelah menjelaskan kelemahan anda tersebut, maka berilah penjelasan bahawa anda siap untuk menutupi kelemahan tersebut.

Ketika pelaksanaan interview atau wawancara kerja, anda harus mempersiapkan dengan baik. Hindari gugup atau grogi saat melakukan wawancara. Maka anda harus berlatih dengan baik untuk menjawab pertanyaan yang akan ditanyakan pada saat interview kerja. Kepercayaan diri dan keberanian sangat dibutuhkan untuk interview kerja.