ceo-recruiters.com – Memulai karir tidak harus menunggu lulus dari perguruan tinggi. Semua orang bisa memulai karirnya sejak dini bahkan saat di bangku SMA. Selain mahasiswa, anak SMA juga sebenarnya bisa memulai karirnya. Namun sayangnya tidak banyak yang membimbing sehingga banyak anak SMA yang hanya berakhir dengan belajar di sekolah. Padahal banyak kesempatan anak untuk bekerja sejak dini di berbagai bidang dengan waktu yang fleksibel.

Pekerjaan freelance bisa dilakukan oleh anak SMA yang mana tidak mengganggu waktu istirahat atau waktu sekolah. Bekerja freelance tidak membutuhkan banyak waktu dan juga memiliki intensitas pekerjaan yang tidak terlalu banyak sehingga bisa dilakukan di waktu senggang. Pekerjaan semacam ini sangat cocok untuk anak SMA maupun mahasiswa.Jenis pekerjaan yang beragam bisa dijadikan pengalaman untuk banyak-banyak menimba ilmu.

Tips Sukses Sejak Dini di Dunia Kerja

Bekerja tidak harus di ruangan khusus dan seharian berhadapan dengan komputer. Bekerja bisa dilakukan dengan enjoy tentunya dengan sistem kerja freelance. Untuk siapa saja yang ingin memulai karir sejak dini sangat cocok memulainya dengan bekerja freelance. Pekerjaan freelance ada banyak jenisnya. Di Indonesia sendiri banyak juga website-website yang khusus menyediakan pekerjaan freelance.

Jika ingin sukses berkarir sejak dini, maka bacalah tips berikut ini.

  • List apa saja keahliahmu – Pertama-tama sebelum memulai pekerjaan yang ingin dilakukan yakni dengan membuat list kelebihan dan kekurangan di dalam diri sendiri. Jika sudah maka akan ditemukan potensi diri. Seperti misalnya keahlian-keahlian yang mungkin bisa dilakukan. Contoh: menyanyi, menulis artikel, desain, dan lainnya.
  • Mulai dengan pekerjaan yang mudah – Memulai karir sejak dini sebaiknya dilakukan dengan pelan-pelan.Mulailah dengan jenis pekerjaan yang mudah dilakukan.Contohnya menjaga kasir, menulis cerita, menjadi youtuber muda, blogger, dan banyak lainnya.Bisa juga dengan mengunjungi website freelance untuk mencari jenis pekerjaan yang cocok.
  • Berlatihlah menjual kemampuanmu – Memulai karir jangan diberi patokan harga. Sebaliknya lakukan pekerjaan tanpa memandang harga. Biasanya para newbie atau pekerja baru akan sulit diterima. Maka sebisa mungkin merendahlah agar klien mau menggunakan jasamu. Semakin banyak klien akan semakin banyak ulasan tentang pekerjaanmu dan tentunya akan semakin banyak pengalaman.
  • Terus sambangi website freelance – Jangan putus di tengah jalan. Meski sudah banyak pengalaman atau belum sama sekali, teruslah menyambangi website-website khusus freelance. Disana akan banyak ilmu baru yang di dapatkan dengan pekerjaan-pekerjaan di segala bidang. Jangan puas hanya dengan tekun di satu bidang pekerjaan saja.
  • Tuntutlah dirimu untuk berani keluar dari zona nyaman – Untuk berkarir sejak dini sudah sepantasnya mengalami jatuh bangun. Jika terus berada di zona nyaman maka tidak akan pernah berkembang menjadi sukses. Alih-alih sukses justru akan stagnan karirmu. Maka beranilah untuk mencoba hal-hal baru.Selagi masih muda jangan hanya berhenti di satu karir saja.

Memulai karir sejak dini tidaklah mudah. Minimnya pengalaman ditambah dengan usia yang masih belia menjadikan siapa saja pasti bingung dengan langkah awal yang diambil. Jika demikian maka seringlah bertanya pada kakak atau saudara lain yang sudah bekerja. Selain itu lakukan berbagai riset melalui internet terkait pekerjaan yang akan dilakukan. Masa muda jangan hanya dibuat untuk ongkang-ongkan kaki saja. Sebaiknya mulailah karir anda dari bawah, ambil sebanyak mungkin pengalaman di berbagai bidang keahlian. Dengan demikian kelak saat dewasa akan siap dengan karir yang lebih tinggi.

 

2 Comments
  • Donny Irawan

    Di point ke 3 min, gw ud coba. Tapi malah di sebut sok2 membanggakan diri min, gmn tuh ,min?

  • Sandy

    Pas bange neh, gw baru lulus Sekolah Menengah Atas, gw ikutin saran ente min. . .

Leave a reply

Your email addres will not be published.
Required fields are marked with